Senin, 20 Oktober 2014

TUGAS 1 PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
XL Axiata


PT. XL. Axiata Tbk. (XL), didirikan tahun 1989, di bawah kepemilikan Axiata Group Berhad, salah satu penyedia jasa seluler terbesar di Asia Pasifik, melalui perusahaan Indocel Holding Sdn Bhd, dengan saham 66.7%; Emirates Telecommunications Corporation (Etisalat), penyedia jasa seluler terbesar di Timur Tengah dan Afrika, melalui Etisalat International Indonesia Ltd., dengan saham 13.3%; dan sebanyak 20% saham dimiliki oleh publik secara terbuka. XL Axiata mulai beroperasi secara komesial di tahun 1996, dan saat ini menjadi salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia, dengan melayani hingga 31,4 juta pelanggan di seluruh tanah air pada akhir tahun 2009. XL Axiata berfokus pada 2 aspek bisnis utama, yaitu Consumer Solutions, yang ditujukan untuk pelayanan telepon seluler berkualitas tinggi; dan Business Solutions, yang ditujukan untuk penyediaan solusi data dan komunikasi yang sangat efisien dan terpercaya untuk pasar korporat.


XL Axiata terus terbukti sebagai perintis dalam menyediakan teknologi terdepan untuk pasar telekomunikasi di Indonesia, salah satunya dengan meluncurkan akses internet dengan kecepatan tertinggi 3G-HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access) untuk pertama kalinya, serta menyediakan berbagai paket dan aplikasi BlackBerry yang inovatif. Untuk melayani pasar internasional, XL Axiata telah mengembangkan kemitraan yang kuat dengan lebih dari 357 penyedia jasa telekomunikasi internasional di lebih dari 140 negara. Melalui nilai-nilai perusahaan, yaitu integritas, kerja sama tim, dan kesempurnaan layanan, XL Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjadi penyedia jasa telekomunikasi yang diminati di Indonesia, dengan memperluas cakupan daerah layanan dan meningkatkan kualitas, kapan saja dan di mana saja.

Struktur Organisasi Perusahaan XL



Jenis Dan Karateristik Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Indonesia
 
Jika Anda berkeinginan berwiraswasta maupun mendirikan usaha sektor mikro, kecil, maupun menengah sendiri, pastinya Anda sudah memperhitungkan budget, transportasi, sumber daya, barang atau jasa yang menjadi komoditas, dan tentu saja karyawan. Selain itu pastinya Anda juga sudah memikirkan masalah permodalan ataupun bagaimana menarik investor agar mau berinvestasi dalam usaha yang sedang digeluti. Namun sebelum memulai usaha tersebut, tahukan Anda, jenis dan karakteristik usaha mikro, kecil dan menengah pada umumnya? Dari jenisnya, sektor usaha kreatif ini terbagi menjadi 4 yaitu, mikro, kecil, menengah, dan besar.
Usaha mikro, kecil, menengah dapat didefiniskan sebagai aktivitas bisnis atau perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, pertanian/perkebunan, servis jasa, baik dimiliki perseorangan, kerja sama, koperasi, maupun  korporasi yang didasarkan pada jumlah aset. Aset tersebut tidak termasuk kredit akan tetapi hak-hak kepemilikan seperti kantor, tanah/perkebunan, dan peralatan kerja. Berikut ini adalah karakteristik perusahaan sektor usaha kreatif itu jika dikelompokkan menurut asetnya:
Mikro : Sektor ini memiliki aset sampai dengan Rp. 50 juta dan memiliki pemasukan tahunan sampai dengan Rp.300 juta.
Kecil : Sektor usaha ini memiliki aset dengan kisaran Rp. 50 juta- Rp.500 juta, sedangkan pemasukan tahunan berkisar antara Rp. 300 juta sampai dengan Rp. 2,5 miliar.
Menengah :Sektor usaha menengah ini memiliki aset dari kisaran Rp.500 juta sampai dengan Rp. 10 miliar dan pendapatan tahunan penjualan mereka berkisar antara Rp. 2,5 miliar-Rp. 50 miliar.
Besar :Aset sektor usaha ini diatas Rp. 10 miliar dan pendapatan mereka berada di atas angka Rp. 50 miliar.
Selain faktor aset, jumlah karyawan juga dapat menentukan klasifikasi sebuah perusahaan. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah memiliki jumlah pegawai yang beragam, berikut ini adalah ulasan singkatnya:
Mikro : 1-9 karyawan
Kecil : 10-99 karyawan
Menengah  :100-199 karyawan
Besar : lebih dari 200 karyawan.
Sektor usaha ini terbukti menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Terlebih lagi pada saat terjadi krisis moneter lebih dari 10 tahun yang lalu. Sektor usaha ini berkontribusi besar dalam peningkatan kemakmuran dan mengurangi jumlah pengangguran baik di area kota maupun desa. Bahkan sektor UKM sangat membantu meningkatkan devisa negara. Sektor UKM juga memberikan warna tersendiri di perekonomian tanah air dengan ide dan kemampuan kreatif yang mampu membuat Indonesia bersaing dengan negara lain. Tercatat dalam 5 tahun terakhir, usaha mikro, kecil, dan menengah mampu mendominasi perekonomian nasional dimana 99% dari perusahaan di Indonesia dikuasai sektor ini.


Akuisisi XL Axiata terhadap Axis Telekom

XL Axiata telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Axis Telekom Indonesia, pada tanggal 26 September 2013.
Perjanjian jual beli bersyarat atau conditional sales purchase agreement (CSPA) dilakukan dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment BV (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC.
XL disebut akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari utang dan kewajiban Axis.
Kesepakatan perjanjian jual beli bersyarat ini meliputi beberapa hal, yaitu:
Teleglobal akan menjual 95 persen saham di Axis kepada XL. 100 persen nilai perusahaan Axis dinilai sebesar 865 juta dollar AS, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free). Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham Axis, serta membayar utang dan kewajiban Axis.
Transaksi tersebut akan rampung setelah mendapatkan persetujuan pemerintah terkait dan persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).
Satu hal lagi, transaksi itu juga akan rampung apabila tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.
"Kami yakin semua pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengenai akuisisi ini.
Merril Lynch (Singapura) Pte Ltd (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan dari XL untuk transaksi ini.
 


 http://www.xl.co.id/business/id/mengapa-xl/tentang
http://www.xl.co.id/id/yang-baru/artikel/jenis-perusahaan-dan-karakteristik-sektor-usaha-mikro-kecil
 http://id.wikipedia.org/wiki/XL_Axiata